Minggu, 10 Januari 2016

Berlatih Memanah Biar Fokus Terasah

Bingung dengan alternatif aktivitas di akhir pekan yang bisa dilakukan di Ibu Kota supaya tidak melulu terdampar di Mall? Cobalah merapat ke Senayan dan berlatih memanah.

Jakarta Archery Club
Memanah atau Archery adalah salah satu cabang olah raga yang menguji konsistensi dan fokus pemainnya. Di Jakarta, kegiatan memanah dikelola oleh Jakarta Archery Club yang bermarkas di Senayan. Club ini menfasilitasi siapa saja yang ingin menjajal olah raga memanah untuk sekedar coba-coba. Dengan membayar seratus ribu rupiah, pemain dapat berlatih memanah selama dua jam dengan segala fasilitas memanah yang sudah disediakan.

Sepele tapi Tak Mudah
Meskipun terlihat sepele, olah raga memanah ternyata tidak sesimple menarik busur panah. Olah raga ini memiliki dasar-dasar yang harus diperhatikan, seperti posisi tubuh, posisi tangan, dan tata cara membidik. Di awal permainan, pemain akan mendapatkan briefing singkat dari instruktur tentang tata cara bermain. Kemudian, setiap pemain akan diberikan lima buah anak panah yang dapat digunakan untuk satu ronde permainan. Selama bermain, pemain harus patuh pada perintah instruktur kapan sesi memanah dan kapan sesi mengambil anak panah dari sasaran. 

Bagi pemula, hal pertama yang perlu dikuasai bukanlah ketepatan membidik sasaran, namun konsistensi bidikan. Jika titik bidik dan posisi tangan konsisten, tembakan anak panah akan mengumpul pada satu lokasi yang sama meskipun tidak presisi. Setelah mampu konsisten, baru kemudian memperbaiki bidikan supaya tertuju pada titik yang benar.

Berlatih memanah memang bukan olah raga yang dapat dipelajari dengan instan. Namun tak ada salahnya jika aktivitas ini dilakukan sebagai alternatif kegiatan di akhir pekan. Jika tertarik untuk menekuni olah raga ini, Jakarta Archery Club menyediakan School Program. Dengan program sekolah ini, pemain akan dibimbing secara lebih intensif untuk mengasah ketrampilan memanah dan dapat berpartisipasi di ajang kompetisi memanah.

@dwilestarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar