Halaman

Minggu, 06 Januari 2019

Puerto Princesa : Sungai dalam Goa yang Mendunia

Puerto Princesa Underground River adalah satu dari tujuh keajaiban alam dunia. Destinasi di Filipina ini menawarkan wisata susur sungai di dalam gua yang mempesona.

Puerto Princesa adalah salah satu kota di Filipina yang terletak di Pulau Palawan. Sejak salah satu destinasi wisatanya, Underground River, dinobatkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia versi organisasi New7Wonders, kota ini menjadi kian ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih, tempat ini juga diklaim sebagai Worlds Heritage oleh UNESCO.

Terpanjang di Dunia
Seperti namanya, Underground River adalah destinasi wisata alam yang akan mengajak wisatawan menyusuri sungai di dalam gua terpanjang di dunia. Sungai sepanjang 8,2 kilometer ini terletak di kawasan hutan yang bermuara langsung ke laut. Tak heran, pintu utama untuk menuju Underground River adalah bibir pantai. Dari tepi pantai, wisatawan akan dibawa menggunakan kapal ke sisi lain pulau.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan yang asri. Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh, suasana hutan yang masih sangat alami tak akan membuat cepat lelah. Hutan ini masih menyimpan beraneka ragam flora dan fauna. Sesekali, wisatawan pasti akan bertemu dengan aneka burung yang berterbangan secara bebas di hutan.

Susur goa dengan aman
Sampai di tepi sungai, wisatawan akan dibekali dengan helm pengaman, jaket keselamatan, dan senter untuk setiap kapal. Setiap rombongan dalam satu kapal akan disertai dengan seorang pemandu yang akan menceritakan segala hal yang ada di dalam goa. Mesti goa di Underground River mencapai 8,2 kilometer, tak berarti semuanya bisa dijangkau oleh wisatawan. Wisatawan hanya bisa menyusuri hingga 1 kilometer yang berdurasi sekitar 45 menit. Hal ini tentu dengan mempertimbangkan keamanan bagi wisatawan mengingat kapasitas oksigen di dalam gua terbatas. Saat keluar dari gua, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan muara sungai yang langsung menuju ke laut. Eksotis!

Jika tertarik mengeksplore destinasi ini, Puerto Princesa bisa dijangkau dengan penerbangan selama kurang lebih satu jam dari kota Manila. Dari Bandara, lokasi Underground River berjarak sekitar 80 kilometer. Namun, tak perlu khawatir kesulitan akses menuju kesana. Di Bandara, ada penyedia jasa tour ke berbagai destinasi di sekitar Puerto Princesa termasuk Underground River. 

@kusdwilestarin

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus