Halaman

Selasa, 01 Januari 2019

Jumpa Komodo di Labuan Bajo

Sejak Pulau Komodo dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban alam di dunia oleh organisasi New7Wonders, pulau ini menjadi kian tenar di kalangan traveler. Tak hanya tentang keistimewaan hewan purba yang hanya ada di Indonesia, tapi juga tentang keindahan alamnya yang juara.

Taman Nasional Pulau Komodo terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini adalah habitat asli hewan purba yang hanya ada di Indonesia, Komodo. Hewan ini adalah spesies biawak dengan ukuran yang lebih besar dan buas. Selain Pulau Komodo, hewan langka ini juga bisa dijumpai di Pulau Rinca yang masih berada di kawasan Taman Nasional.

Tak sulit untuk bisa sampai ke Pulau Komodo. Kini sudah ada Bandara Komodo di Labuan Bajo yang menjadi gerbang wisatawan dari berbagai penjuru. Bandara ini dekat dengan pelabuhan yang menjadi titik start kapal-kapal wisata. Di sekitar pelabuhan terdapat banyak hotel dan penginapan yang bisa digunakan wisatawan untuk bermalam sebelum berlayar.

Live on Board
Selain Komodo, kawasan Taman Nasional Komodo punya banyak pulau cantik yang menjanjikan surganya alam. Sayangnya, jarak antara satu pulau dengan pulau yang lain cukup jauh sehingga akan memakan waktu yang cukup lama untuk berpindah destinasi. Untuk itu, cara yang paling efektif untuk menikmati Labuan Bajo adalah live on board dengan kapal pinisi yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur dan toilet.

Agar puas menikmati kekayaan Labuan Bajo setidaknya diperlukan tiga hari dua malam berlayar di lautan. Tak perlu khawatir susah tidur di kapal, beberapa kapal pinisi menyediakan kamar lengkap dengan AC. Soal makan pun aman. Umumnya, sewa kapal sudah sepaket dengan makan selama di kapal. Para awak kapal akan merangkap sebagai koki yang menyiapkan makan penumpang tiga kali sehari.

Jumpa Komodo
Seperti yang telah sedikit dibahas, hewan komodo bisa dijumpai di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Untuk bisa melihat komodo, diperlukan jalan kaki sekitar sepuluh menit dari tepi pulau. Wisatawan akan melewati padang sabana yang dihiasi beberapa kelompok rusa yang bebas berkeliaran. Sampai di pintu masuk, wisatawan akan diberi briefing singkat oleh ranger, pawang komodo. Mengingat komodo adalah hewan buas, setiap rombongan yang akan masuk melihat komodo harus ditemani oleh setidaknya satu ranger agar aman.

Ada puluhan komodo yang bebas berkeliaran di hutan. Jika beruntung, wisatawan bisa mengabadikan momen komodo yang sedang bertengkar. Di waktu-waktu tertentu, para komodo jantan bertengkar memperebutkan komodo betina. Komodo yang bertengkar akan memakan waktu yang cukup lama hingga salah satu diantaranya menyerah dan bersimbah darah.

Pulau-Pulau Surga
Tak hanya punya komodo, Labuan Bajo juga punya pulau-pulau lain yang menjanjikan keindahan. Pulau-pulau di Labuan Bajo umumnya terdiri dari bukit-bukit yang ditumbuhi oleh rumput liar, salah satunya Pulau Padar. Dari puncak pulau padar, akan terlihat pemandangan pantai cantik yang membentuk cekungan indah dari dua sisi yang cantik. Ada pula Gili Lawa yang menawarkan perbukitan dengan kontur tak beraturan yang menjadikannya menawan.

Selain perbukitan yang eksotis, wisata hopping island ini juga menyimpan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Di Pink Beach atau Pulau Kanawa, wisatawan bisa berenang ataupun snorkeling melihat karang dan ikan. Jika gelombang bersahabat, bisa juga berenang bersama Manta di spot tertentu. 

@kusdwilestarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar