Halaman

Minggu, 23 September 2012

Little Motivation for Bigger Achievement


Sharing dengan orang-orang hebat selalu memberikan kesan yang menarik untuk diingat. Adalah Nopa Widianto, kawan satu organisasi di Unit Penalaran Ilmiah UGM yang berhasil menyumbangkan emas dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012. Bertemu di salah satu acara workshop PKM di salah satu universitas di Jogjakarta, kawan saya ini bercerita tentang pengalamannya bertanding di pimnas. Dari serangkaian ceritanya, saya tertarik  dengan salah satu kalimatnya, “Motivasi saya bikin PKM waktu itu simple, saya cuma pengen naik pesawat, eh dikasih bonus emas pas pulang, ya Alhamdulillah.”

Saya menyimpan baik-baik penggalan kalimat itu di benak saya. Sederhana namun bermakna. Kalimat itu memberikan inspirasi bahwa motivasi kecil, jika itu murni dari diri kita dan kita suka, akan memudahkan kita untuk melakukan sesuatu tanpa beban. Mengaku berasal dari lingkungan yang sederhana, ide PKM yang ia buat pun berangkat dari hal yang sederhana. Di wilayah tempat tinggalnya, masyarakat masih kesulitan membuat olahan makanan tradisional yang berasal dari saripati ubi karena pembuatannya masih manual. Berlatar belakang diploma elektronika, dirinya berinisiatif membuat suatu alat yang dapat memudahkan pembuatan saripati ubi. Fakta ini mengingatkan bahwa motivasi sederhana akan membuat seseorang akan lebih ikhlas melakukan sesuatu. Achievement akan mengikuti kemudian.

Mengapa saya tertarik untuk membahas hal ini? Karena prinsip motivasi sederhana yang dilakukan kawan saya tadi sejalan dengan apa yang ada di kepala saya.  Sayapun juga beberapa kali melakukan sesuatu dengan motivasi sederhana yang mungkin malah bisa dibilang konyol. Saya teringat kegemaran saya mengajar di sekolah-sekolah sebagai pengajar lepas, waktu itu hanya dilandasi kesenangan saya menulis dengan boardmarker di whiteboard. Sangat sepele. Beberapa kali orang-orang terkekeh mendengar motivasi saya, tapi ya that’s the way I am. Sekarang-sekarang ini memang saya belum bisa membuktikan suatu real achievement terkait motivasi sederhana seperti kawan saya tadi, tapi setidaknya saya merasakan betul suatu perasaan tanpa beban ketika melakukan pekerjaan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar