Halaman

Minggu, 10 September 2017

Let Yourself Answer Your Problems

Kadang kalau lagi punya beban pikiran rasanya udah kaya yang paling berat aja hidupnya, padahal cuma nggak tau aja masalah orang lain kaya apa.

Bersama teman-teman pesantren Al-Mujib, Cangkringan, Sleman, saya coba minta mereka cerita masalah real yang mereka alami dan ayat Quran mana yang pada akhirnya mereka temukan sendiri untuk menjawab masalahnya sendiri. 

Hasan adalah anak pertama yang mengajukan diri untuk cerita. Buatnya, masalah terpelik hidupnya adalah kemampuan untuk menelaah pelajaran di kelas. Ketika teman-temannya bisa mengajukan pertanyaan untuk berdiskusi dengan dosen, dirinya hanya bisa diam karena merasa tak menguasai materi yang sedang didiskusikan. Lalu apa kata Quran? Iqra,  jawabnya. Di Surah Al Alaq ayat pertama sudah mengajarkan manusia untuk membaca, yang lebih jauh dimaknai dengan belajar. Hasan pun mengaku bahwa mungkin ia kurang belajar, dan harus meluangkan waktu yang lebih banyak untuk mengejar ketertinggalannya dari teman-temannya.

Setelah Hasan, kemudian Cindy turut bercerita. Baginya, hal yang kadang mendatangkan kegalauan adalah hubungannya dengan teman-teman satu asrama yang tidak selamanya baik. Ia merasa terkadang temannya tak menyukainya, walaupun ia tak paham kenapa. Seperti Hasan, Cindy juga dapat mengungkapkan ayat Quran mana yang ia temukan untuk menjawab masalahnya.

Dari cerita tadi, sebenarnya mereka paham apa masalah mereka dan bagaimana mengatasinya berdasarkan Quran. Hanya saja, terkadang pemahaman ini adalah pemahaman yang tidak disadari. Baru setelah ada yang bertanya, mereka mencoba menyusun sistematika pemecahan masalah untuk menjawab pertanyaan. Dengan cerita, temen lain yang punya masalah yang sama menjadi termotivasi, at least ngrasa ngga sendirian. Dan yang masalahnya ngga seberat yang lain jadi pun lebih bersyukur.

Saat bertanya, saya tahu mereka punya kapasitas untuk bisa menjawab pertanyaan saya. Justru saya bertanya karena memang saya nggak ngerti, jadi literally bertanya untuk mencari insight dari cerita mereka. Saya mungkin bisa mendefinisikan beban pikiran saya, tapi mencari Ayat Al Quran untuk menjawabnya rasanya tak sepandai Hasan dan Cindy. 

@kusdwilestarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar