Halaman

Kamis, 01 Oktober 2015

Menjajaki Negeri Laskar Pelangi

Belitung telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit semenjak lahirnya film Indonesia yang ditulis oleh salah satu putera daerahnya, Laskar Pelangi. Pantai dengan gugusan batu-batu besar yang menjadi salah satu scene di film ini sukses meningkatkan wisatawan di Belitung.
Pulau Belitung adalah bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini memiliki bandara sendiri yang terletak di Tanjung Pandan. Jika ingin ke pulau ini pastikan langsung mendarat di Bandara Sultan Hanandjoeddin, Belitung.

Icon Belitung
Kawasan Belitung yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai inilah scene film Laskar Pelangi dibuat dan seolah telah menjadi icon pulau ini. Pantai ini menyuguhkan gugusan batu-batu besar yang bersanding dengan air laut yang jernih dan bersih. Tak hanya itu, dari pesisir pantai, wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar belitung menggunakan kapal dan menikmati surga bahari di negeri Laskar Pelangi. Pulau Lengkuas dan Pulau Kelayang adalah beberapa pulau yang dapat dikunjungi. Pulau-pulau ini sudah dikemas dengan cukup menarik yang dilengkapi dengan kafe-kafe yang dapat disinggahi wisatawan yang menepi di pulau.



Negeri Andrea Hirata
Selain wisata pantai, destinasi favorit lainnya adalah replika Sekolah Dasar yang digunakan sebagai sekolah di film Laskar Pelangi. Destinasi ini terletak di Belitung Timur, sekitar 1,5 jam dari Tanjung Pandan. Meskipun hanya sebuah replika Sekolah Dasar, destinasi ini selalu ramai pengunjung untuk berfoto. Seolah berfoto di Sekolah Dasar Laskar Pelangi sudah menjadi syarat sah jika traveling ke Belitung.

Tak jauh dari replika Sekolah Dasar, terdapat musium kata Andrea Hirata. Di musium ini dapat dijumpai berbagai karya Andrea Hirata baik novel maupun tulisan-tulisan lain. Musium ini dikemas secara unik dan artistik sehingga mengundang pengunjung untuk merapat ke tempat ini.




Kuliner Khas
Traveling tak lengkap jika tanpa mencicipi kuliner khas. Ada beberapa pilihan kuliner Belitung yang wajib dicicipi. Bagi penikmat mie, Belitung punya suguhan mie yang khas. Salah satu yang terkenal menjual Mie Belitung adalah Mie Atep yang terletak di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan.
Selain mie, kuliner khas lainnya adalah Belitung Tempo Doeloe. Tempat makan ini menyuguhkan menu-menu khas Belitung yang dikemas dengan perlengkapan-perlengkapan tradisional. Kolaborasi rasa dan dekorasi tempat ini sangat merepresentasikan Belitung di masa lampau.

@dwilestarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar