Minggu, 25 Maret 2012

Little Insight On Usability




Bicara desain produk, setiap produk memiliki pengembangan desain masing-masing. Desain produk tidak terlepas dari usabilitas penggunanya. Terkadang banyak produk yang dikembangkan menjadi produk dengan desain yang lebih menarik, namun dari segi penggunaannya tidak lebih mudah dari desain sebelumnya.

Saya cukup tertarik ketika mendapati produk shampoo pantene yang memiliki desain baru yang menarik. Namun ketika akan digunakan, saya cukup sulit untuk membuka tutupnya karena tekstur desainnya cukup licin. Selang beberapa waktu, produk tersebut mengalami pengembangan desain dengan mengganti konsep warna. Namun ternyata masih dengan sistem tutup yang sama.

Tak hanya pantene, masalah yang sama juga terlihat pada merk Sunsilk. Desain produk terbaru produk ini cukup menarik karena sangat feminis. Namun lagi-lagi masalah membuka tutup juga tidak lepas dari produk ini.

Jika dibandingkan dengan desain produk sebelumnya, kedua brand tersebut memang lebih menarik secara visual, namun dari segi usabilitas sepertinya tidak membuat pengguna lebih mudah dalam membuka. Padahal salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam desain produk adalah usabilitas dimana kemudahan penggunaannya merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Mungkin akan menarik jika dilakukan survey usabilitas kepada para mengguna shampo untuk menguji gagasan-gagasan yang saya tulis disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar